Bagi para dosen di lingkungan Undip yang berminat melanjutkan studi S3 ke luar negeri, mengikuti workshop tentang cara menyusun proposal Ph.D. bersama Taylors University merupakan pilihan yang tepat. Kegiatan ini tentunya akan menarik karena diisi oleh pemateri dari narasumber-narasumber dari Taylors University.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Undip pada tanggal 25 Juni 2020. Adapun materi-materi yang disajikan kepada peserta dibagi menjadi 3 bagian yaitu sebelum dan selama penyusunan proposal, struktur atau sistematika proposal dan contoh proposal.

Hal-hal yang dibahas pada bagian sebelum dan selama penyusunan proposal meliputi identifikasi area penelitian, menentukan topik penelitian, data dan metode penelitian, penyusunan proposal. Bagian struktur atau sistematika proposal meliputi pendahuluan, tinjauan pustaka dan pengembangan hipotesis, desain penelitian, timeline, dan referensi. Adapun dalam workshop ini juga dibahas contoh proposal untuk referensi para peserta workshop.

Berikut rangkaian kegiatan yang berlangsung selama kegiatan workshop Penyusunan Proposal Ph.D. bagi dosen Undip.

Waktu Kegiatan Narasumber/Moderator
13.00 – 13.10 Pembukaan dan Sambutan Rektor: Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum.
13.10 – 13.20 Sambutan Dr. Anthony Ho, Pro Vice-Chancellor, Research & Enterprise, Taylor’s University
13.20 – 13.40 Perkenalan Taylor’s University Ina Haryani, Manager- Institutional Partnership, Taylor’s University
13.40 – 15.40 How to write your PhD proposal Narasumber: PhD Sheme by Dr. Hema Subramonian, Head-HDR Canditure, Research & Enterprise, Taylor’s University
15.40 – 15.50 Penutupan Rektor: Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum.