Teknologi saat ini, terutama internet sangat memudahkan kita untuk mendapatkan informasi yang kita butuhkan. Keberadaan internet telah menjadi satu kebutuhan pokok manusia modern dalam menghadapi berbagai tantangan perkembangan global.

Dalam dunia Pendidikan, perkembangan teknologi informasi memberikan dampak yang cukup signifikan, diantaranya adalah adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan, pembelajaran jarak jauh yang berbasis online meeting atau kelas virtual, hingga pada sistem administrasi  pada lembaga pendidikan yang semakin tertata dengan adanya teknologi informasi.

Salah satu upaya dalam mengantisipasi perkembangan teknologi informasi adalah dengan meningkatkan keterampilan, keahlian, dan kompetensi sumberdaya manusia melalui pendidikan dan pelatihan. Berdasarkan hal tersebut, BPSDM bekerjasama dengan BAIKABP Universitas Diponegoro menyelenggarakan pelatihan teknologi informasi yang mencakup kegiatan:

  • Pelatihan IT Service Management and Security yang dilaksanakan pada 14—16 Juli 2021 dengan narasumber Drs. Asro Nasiri, M.Kom.
  • Pelatihan Database and Administrator yang dilaksanakan pada 28—30 Juli 2021 dengan narasumber Yusuf Mufti, S.Kom., M.Sc.
  • Pelatihan System Administrator: Linux Server yang dilaksanakan pada 3—5 Agustus 2021 dengan narasumber Daniel Supangkat, S.S.T., M.T.
  • Pelatihan Audit IT: IT Audit, IT Risk, and Controls yang dilaksanakan pada 11—13 Agustus 2021 dengan narasumber Anton Dewantoro, S.T., M.M. dan Josua Sinambela M.Eng.
  • Pelatihan Data Scientist: Data Analityc with Machine Learning yang dilaksanakan pada 18—20 Agustus 2021 dengan narasumber H. Nur Arifin Akbar, S.T., M.Kom., E.CIH.

 

 

 

 

 

Pelatihan tersebut diikuti oleh laboran dan tim IT dari masing-masing fakultas atau unit di Universitas Diponegoro.