Perguruan tinggi mempunyai peran strategis dalam pembangunan, khususnya sumber daya manusia dengan menghasilkan para lulusan yang memiliki daya saing tinggi. Peran dosen sebagai pendidik memiliki kontribusi besar dalam mencetak lulusan tersebut. Dosen sebagai pendidik profesional, dalam melaksanakan tugasnya harus memiliki kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial yang diperlukan dalam praktik pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Peningkatan profesionalitas dosen dapat dibangun melalui penguasaan kompetensi-kompetensi yang secara nyata dalam menjalankan dan menyelesaikan tugas-tugas dan aktivitasnya sebagai dosen. Salah satu program peningkatan profesionalisme adalah peningkatan penguasaan kemampuan intruksional melalui pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI). Disamping itu dengan program ini akan mendorong para dosen untuk menjadi kompeten, sesuai dengan tuntutan perkembangan teknologi pendidikan dan pembelajaran di era disrupsi.

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan telah menyelenggarakan pelatihan PEKERTI bagi dosen dalam Universitas Diponegoro secara daring pada 12—19 Agustus 2021. Sedangkan pelatihan PEKERTI bagi dosen luar Universitas Diponegoro diselenggarakan secara daring pada 19—23 Agustus 2021.Narasumber pelatihan ini adalah Dr. Ir. Setia Budi Sasongko, DEA, Dr. Paramita Prananingtyas, SH, LL.,. M., Dr. I Made Bayu Dirgantara, M.M., Dr. Bambang Cahyono, M.S., Dr. Aris Triwiyatno, M.T. dan Dr. Vivi Endar Herawati, M.Si.