Berdasarkan Pasal 3 huruf d Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 52 Tahun 2015 tentang Statuta Universitas Diponegoro, Undip mempunyai tujuan diantaranya mengembangkan profesionalisme, kapabilitas, dan akuntabilitas dalam tata kelola universitas yang baik, serta kemandirian dalam penyelenggaraan perguruan tinggi.

Dalam rangka mewujudkan tujuan Undip tersebut dilakukan peningkatan kompetensi dan profesionalitas tenaga kependidikan sebagai unsur sumber daya manusia Undip agar diperoleh peningkatan pelayanan kepada para pemangku kepentingan.

Salah satu jenis pelatihan peningkatan kompetensi adalah kemampuan dalam mengoperasikan komputer, khususnya dalam menjalankan program Microsoft Office 2016, melalui Pelatihan Sertifikasi Internasional Microsoft Office Specialist (MOS). Pelatihan ini penting dan sangat diperlukan di era globalisasi karena hampir seluruh fasilitas penunjang di Universitas Diponegoro dioperasikan dengan menggunakan komputer.

BPSDM Universitas Diponegoro pada 14-17 Juni 2021 menyelenggarakan Pelatihan Sertifikasi Internasional Microsoft Office Specialist (MOS) bagi tenaga kependidikan fungsional umum di Universitas Diponegoro. Kegiatan ini diikuti oleh 70 tenaga kependidikan melalui media daring Zoom pada 2 hari pertama dan luring pada 2 hari terakhir. Adapun narasumber Pelatihan Sertifikasi Internasional Microsoft Office Specialist (MOS) Tahun 2021 tersebut adalah  pelatih tersertifikasi Microsoft dari ITS Tekno Sains Surabaya.