Sebagai komitmen menuju World Class University, Universitas Diponegoro telah membangun digital identity bagi semua civitas akademika Universitas Diponegoro yang bertujuan untuk menciptakan sistem yang terintegrasi. Hal tersebut sejalan dengan misi Universitas Diponegoro diantaranya menyelenggarakan tata kelola pendidikan tinggi yang efisien, akuntabel, transparan, dan berkelanjutan.

Teknologi informasi yang terus dikembangkan Universitas Diponegoro saat ini adalah SIAP (Sistem Informasi Akademik dan Penelitian). Sistem ini telah digunakan untuk menunjang sistem perkuliahan berbasis Teknologi Informasi. SIAP adalah aplikasi atau sistem yang dirancang dan dibuat untuk mengelola data-data yang berhubungan dengan informasi akademik, antara lain  meliputi data mahasiswa, data dosen, kurikulum, jadwal kuliah, registrasi akademik, KRS, KHS, kehadiran kuliah, kuliah daring, kuliah online/kulon,dan rekaman hasil perkuliahan.

Keberhasilan aplikasi SIAP tentunya harus didukung oleh tenaga kependidikan yang profesional, kapabel, dan akuntabel sebagai supporting dalam penyelenggaraan akademik dan penelitian di Universitas Diponegoro. Oleh karena itu, BPSDM Universitas Diponegoro menyelenggarakan pelatihan aplikasi SIAP bagi para operator SIAP di lingkungan Universitas Diponegoro.

Kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan secara daring dan luring pada 2–30 Juni 2021, dan diikuti oleh 270 operator SIAP dari masing-masing fakultas dan program studi yang terbagi ke dalam 11 angkatan.

Narasumber pelatihan ini adalah Dwi Cahyo Utomo, S.E., M.A., Ph.D selaku Plt. Wakil Rektor Komunikasi dan Bisnis, Dra. Sri Hesti Purnamadewi selaku Manager Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan, Rukamto Hartono, A.Md  staff Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan dan para developer SIAP Universitas Diponegoro.