Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Universitas Diponegoro bekerjama dengan Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) menyelenggarakan kegiatan pelatihan Audit Internal bagi Tenaga Kependidikan di lingkungan Universitas Diponegoro Semarang. Acara ini dibuka oleh Prof.Dr. Abdul Rohman, S.E., M.Si., selaku Kepala SPI Undip dilanjutkan dengan sambutan sekaligus ceramah mengenai Peran Internal Auditor oleh Rahmadi Murwanto, Ak., M.Acc., PhD selaku Direktur Politeknik Keuangan Negara STAN. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ir. Mochamad Arief Budihardjo, S.T., M.Eng.Sc, Env.Eng, Ph.D., IPM selaku Kepala BPSDM dan Henny Juliani, S.H., M.H. selaku Wakil BPSDM serta 4 Pengajar dari PKN STAN.

Fungsi audit internal salah satunya adalah melakukan pengawasan internal sehingga tercapai efektivitas, efisien, keamanan aset dan dokumen administrasi, serta meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan dan perundang-undangan seluruh elemen pada perguruan tinggi. Mengingat pentingnya peran dan fungsi audit internal, maka diperlukannya pengembangan kompetensi tenaga kependidikan. Pengembangan tersebut diwujudkan dalam bentuk pelatihan audit internal bagi personil Tenaga Kependidikan Universitas Diponegoro.

Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung International Undergraduate Program (IUP) Ruang IUP Classroom 1 Fakultas Hukum (FH) Tembalang Universitas Diponegoro. Adapun pelatihan ini diadakan selama 5 hari mulai tanggal 1 – 5 November 2021 pukul 08.00 – 17.00 WIB dan diikuti oleh 35 peserta dari kalangan Tenaga Kependidikan di lingkungan Fakultas dan Unit.

Sebelum pelatihan dilaksanakan peserta diwajibkan untuk melakukan tes swab antigen terlebih dahulu dan tetap mentaati protokol kesehatan selama dalam masa pelatihan.

Berikut materi-materi pelatihan yang disampaikan selama pelatihan Audit Internal.

Dengan adanya pelatihan Audit Internal ini diharapkan seluruh peserta pelatihan dapat memahami prosedur dan teknik pengawasan yang selanjutnya dapat diterapkan ke dalam pekerjaan di unit masing-masing.