Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Universitas Diponegoro melangsungkan kegiatan Pelatihan Pengelolaan Dokumen Aktif dan Inaktif secara luring untuk pengelola arsip di lingkungan Universitas Diponegoro pada Selasa, 22 November 2021. Pelatihan ini terselenggara atas kerjasama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dengan Dinas Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah dan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang.

Kegiatan ini diawali dengan pretes untuk mengukur pemahaman awal para peserta tentang pengelolaan arsip. Materi pertama dalam pelatihan tersebut disampaikan oleh Atti Mulyanah, SH dari Dinas Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jateng dengan pembahasan tentang Pengantar Kearsipan. Materi kedua disampaikan oleh Erny Sri Mulyani dan Afif Choirul Falah dari Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang yang memaparkan materi tentang Pengelolaan Arsip aktif dan inaktif. Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan Praktik Mekanisme Kearsipan dan ditutup dengan postes untuk mengukur seberapa paham materi yang diserap dan dipahami oleh para peserta.

Antusiasme peserta terhadap pelatihan ini sangat baik, yang terlihat dengan banyaknya pertanyaan yang ditujukan kepada para narasumber. Dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan peserta dapat memahami prinsip-prinsip pengelolaan arsip, mampu melakukan proses pemberkasan dan penyimpanan arsip baik arsip aktif maupun arsip inaktif, serta mampu memberikan layanan kearsipan di unit kerjanya masing-masing.